About Me

Foto saya
saya disiplin dan teratur

Sabtu, 03 April 2010

TUGAS TA 1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pembuatan simulasi contreng sangat perlu, mengingat banyak sekali masyarakat Indonesia ini yang masih buta huruf terutama bagi orang-orang yang masih tradisional mereka masih belum tahu apa itu sekolah sehingga mereka ketertinggalan sekolah dan akhirnya mereka putus harapan untuk belajar, sehingga mereka untuk pemilihan presiden yang lalu masih menunggu simulasi agar mereka paham dan mengerti.
Selain itu simulasi ini sangat dan perlu dipelajari, karena sistem simulasi ini beda dan lebih banyak kesulitan dari pada sistem coblos. Itu sangat mempunyai inisiatif agar masyarakat yang ketertinggalan sekolah serta buta huruf bisa memilih atau mencontreng presiden kali ini.

1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
A. Mengapa harus menggunakan simulasi .......?
B. Bagaimana cara kita menampilkan ...... ?

1.3. Tujuan
A. Untuk memenuhi persyaratan memperoleh sertivikate diploma I komputer
B. Memberikan gambaran mencontreng yang benar tanpa sogokan
C. Memberikan pemahaman tentang sistem contreng
D. Membantu orang yang buta huruf
E. Untuk mempermudah kesulitan sistem contreng dibandingkan sistem coblos
F. Memberikan pemahaman tentang power point
G. Meberikan inisiatif dan menciptakan sesuatu yang berguna lewat power point.
1.4. Manfaat
A. Menyadarkan masyarakat pentingnya mencontreng
B. Membarikan inisiatif akan baiknya mencontreng yang baik dan benar
C. Memberikan pemahaman tentang baiknya mencontreng tanpa sogokan
D. Masyarakat dapat mengetahui aturan dan tata cara mencontreng.
1.5. Batasan Masalah
A. Simulasi disini cuman cukup untuk sestem contreng karena sulitnya sistem tersebut dibandingkan sistem coblos.
B. Penampilannya kita bisa menggunakan LCD, atau kita bisa mengcopy dengan begitu kita berikan per daerah dalam bentuk kaset.





















BAB II
LANDASAN TEORI
A. Contreng atau Centang
Rupanya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tidak mengenal contreng. Terpaksa kata ini dimiringkan, sebagai tanda asing, untuk menghargai puluhan munsyi yang telah letih menggali, meneliti, menderetkan, menjalin, merangkai, dan jadilah dia vokabuler. Barangkali kita teramat sering mengumpetkan rasa peduli kita dalam bertutur dan mungkin karena kita menganggap itu kurang penting. Jelas ini tidak terpuji.
Kembali kita dibingungkan oleh demokrasi. Demokrasi yang akrab di telinga dengan pemerintahan rakyatnya seakan-akan kurang percaya dengan keperkasaan namanya. Ia terpaksa merias diri dengan atribut-atribut rancak. Baru-baru ini kita disuguhi sebutan elok yang ternyata masih kerabat sang demokrasi: demokrasi prosedural dan demokrasi substansial. Lagi-lagi ini membingungkan paling tidak mereka yang kehilangan kesempatan mengembangkan nafsu belajarnya.
Demokrasi prosedural mencukupkan diri dengan pemilihan umum, partai politik yang ramai, dan selanjutnya mendudukkan wakil-wakil kita di rumah rakyat itu. Rakyat hanya memfungsikan diri sebagai agen demokrasi sekali lima tahun. Setelah itu cukup sudah, meminjam ucapan khas Denias. Akibatnya memang dapat ditebak: rakyat dan wakil rakyat berjalan berseberang arah.
Demokrasi substansial bisa kita sebut juga sebagai demokrasi kesejahteraan. Silakan memaknai jenis yang satu ini untuk segala sesuatu yang baik. Buruh kembali menjadi manusia, pedagang kaki lima sudah bebas dari rasa takut terhadap Satpol PP, orangtua tak berduit tak lagi pening memikirkan biaya sekolah anak mereka, perut besar kurang makan akan lenyap, dan lain-lain. Silakan menambah dengan semua yang baik yang lain.
Nah, bagaimana dengan contreng? Selain membingungkan, demokrasi kerap tersungkur ke kubangan kesalahan. Kata yang dipakai dalam Pemilu 2009 ini menggundahkan sang empunya takhta: centang. Juga membuat cemburu si coblos lantaran mahkota itu tak lagi tersemat di kepalanya.
Lima tahun lalu coblos begitu tersohor. Ia mengalahkan rekannya, tusuk, karena dianggap kurang kena. Dalam tusuk jarum, tubuh orang tidak ditembus. Kata lain, tembus, setali tiga uang. Tembus cahaya tidak merusak kaca yang ditembus. Dengan demikian coblos yang paling tepat. Karena mencoblos itu menusuk hingga tembus. ”Coblos moncong hitam,” misalnya.
Lain lubuk lain ikannya. Setiap musim membawa perubahan masing-masing. Begitu juga dengan pemilihan umum. Kali ini contreng mendapatkan takhta itu. ”Contreng partainya, contreng calonnya.” Pesabda tak merasa perlu menilik kitab bahasa. Sekali lagi ini sikap tidak terpuji. Boleh jadi kita sudah telanjur terbiasa tak peduli dengan perasaan sesama makhluk ciptaan. Tidak susah membayangkan keadaan ini akan bertambah parah ketika berpapasan dengan bahasa.
Baiklah kita luruskan sekarang juga. Sebuah kesalahan besar apabila kita menolak memperkaya kosakata bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia memang kaya dan akan semakin kaya asal kita mau memanfaatkan kosakata dari samudera bahasa Nusantara. Inilah kemudian yang membuktikan penghargaan kita terhadap tiap bahasa Nusantara. Kepada contreng kita harus meminta maaf. Sampai edisi ketiga KBBI dia belum terdaftar dalam keluarga kosakata bahasa Indonesia. Centang harus kita panggil dan meletakkannya di tempat semestinya. Ia cukup yakin menempatkan diri sebagai kata kerja: ’memberi tanda koreksi, bisa berbentuk huruf (v) ataupun tanda lain yang serupa’. Kalaupun masih menganggap kurang klop, kita bisa menggunakan conteng dan barangkali coreng.
B. Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).











BAB III
PEMBAHASAN
Ada beberapa cara untuk memulai pembuatan desain awal sebuah presentasi menggunakan power point yaitu:
1. Membuka Aplikasi Microsoft power point.
A. Menggunakan shortcut
Untuk membuka program aplikasi microsoft power point, kita dapat melakukan dengan klik ganda pada shortcut microsoft power point yang terdapat pada desktop.


B. Melalui menu start
a. Pilih dan Klik menu start.
b. Pilih All Program|Microsoft Office.
c. Pilih dan klik Microsoft Power Point.









Setelah masuk dalam aplikasi power poin akan muncul tampilan seperti ini:








2. Membuat judul slide
setelah lembar kerja Micrososft Power Point muncul seperti pada bab III
di atas maka klik kotak “click to add title”.








3. Membuat tampilan menarik
a. Mengatur Background
Langkah pemasangan Background adalah dengan cara menekan menu format dan kemudian menekan sub menu Background, klik icon warna kemudian pilih ‘Aplly” jika anda ingin mengatur Background pada slide ktife saja,atau pilih “Appiy to all”jika anda ingin mengatur Background pada seluruh slide pada dokumen, atau jika anda ingin menambah efek warna dan tekstur pilih”more color dan fill effect”, apabila ingin memberi sendiri tekan “more color” pilih warna dan tekan “apply”, dan jika ingin memberi tekstur atau gambar sendiri tekan”fill effects”,kemudian pilih tekstur atau gambar dan tekan “aplly”

b. Membuat animasi
Pembuatan animasi dimulai dengan memilih objek yang akan di buat animasi dengan cara mengklik objek itu, kemudian pilih menu slide show dan pilih sub menu custom animation, kemudan akan muncul berbagai pilihan diantaranya order and timing untuk mengatur urutan waktu tampil ke layar dan add effect untuk mengatur efek yang diinginkan, serta slied transition untuk mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya.
c. Menyisipkan teks, gambar dan sound.
1) minyisipkan teks;
Pilih dan klik menu insert dan Pilih insert textbox kemudian kopi teks yang ingin dimasukkan kemudian paste di kotak yang telah tersedia.
2) menyisipkan gambar
Pilih dan klik menu insert dan pilih insert picture kemudian akan muncul dua pilihan from clip art… dan from file…kemudian klik salah satu daa pilih gambar yang anda inginkan kemudian klik insert.
4. Mengatur urutan slide
Ada beberapa cara untuk nengatur urutan slide, diantaranya;
a. klik polldown menu view-slide sorter, kemudian lakukan drag and drop (klik-geser lepaskan) pada ikon slide untuk mengatur urutannya.
b. Dari tampilan normal view muncul menu slide tab, lakukan drag abd drop pada ikon slide untuk mengatur urutannya.
c. Dari menu outline tab, blok seluruh bagian teks yang akan dipindahkan, kemudian drag ke posisi yang anda inginkan.
5. Menambah dan menghapus slide
1. Untuk menambah slide;
Pilih dan klik polldown menu insert-new slide, perlu diperhatikan bahwa slide baru ini disisipkan setelah slide aktif,
2. Untuk klik atau aktifkan slide yang akan dihapus kemudian gunakan polldown nemu edit-delete slide.
6. Mengatur placeholder
Placeholder adalah kotak yang membatasi objek, anda dapat mengatur ukuran dan posisi dalam place holder. prosedur ini tidak mengubah ukuran dan jenis huruf teks, untuk mengatur letak, klik teks hingga placeholder muncul, klik placeholder kemudian arahkan kursor ke tepinya hingga berubah,untuk memindahkan klik dan Drag place holder ketempat yang diinginkan.















BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Mencontreng merupakan tindakan yang harus di lakukan oleh setiap warga negara yang demokratis, mencontreng yang baik dan benar sangatlah penting karena berpengaruh terhadap terlaksananya pemilu yang lugas, adil, dan jujur.
Menggunakan microsoft power point karena microsoft poir point karena dapat menyajikaan presentasi yang lebih jelas dan menarik.
B. SARAN
Dalam pembuatan presentasi ini kami sarankan agar mengikuti langkah-langkah pembuatan agar hasilnya lebih maksimal dan tugas akhir ini masih banyak kekurangan jadi kritik dan saran masih sangat kami harapkan. .















































pembimbingLEMBAR PENGESAHAN
Nama : Moh. Hanafi
NR : 0700200265
Program studi : Diploma 1 komputer
Judul : Pembuatan simulasi ontreng menggunakan power point
Telah berhasil dipertahankan dihadapan dewan penguji dan diterima sebagai persyaratan untuk memperoleh sertifikat program setara Diploma 1 Komputer MAN Pamekasan.
Ditetapkan di Pamekasan
Tanggal April 2010

Dewan penguji I Dewan penguji II

(...................................) (...................................)




Mengetahui,
Ketua Ptrogram Setara Diploma 1

Drs. A. Taufiq Yani As, M.MPd
NIP: 196601151993031005




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya Tugas Akhir ini dapat terselesaikan dengan baik, dan insyaAllah benar dengan tujuan untuk memperoleh Sertifikat Diploma I Komputer.
Nama pembuatan simulasi contreng menggunakan power point sengaja saya ambil dengan harapan agar masyarakat dapat mengetahui cara mencontreng yang baik dan benar tanpa adanya sogokan.
TA ini disusun oleh MOH HANAFI
Kelas : XII IPS-2
No. : 19
Dimana insyaAllah TA ini dapat menambah wawasan para pembaca yang minat, kemudian saya mengucapkan banyak terima kasih bagi para pembaca TA ini. Semoga Allah menerima amal baik yang dilakukan dan mengampuni amal buruknya. Dan jika ada kekurangan dan kesalahan dalam TA ini saya minta maaf yang sebesar-besarnya, sekian saya sampikan terima kasih.


MOTO DAN PERSEMBAHAN
• Kehidupan kan terasa nikmat manakala kita jalani dengan sungguh-sungguh
• Ubahlah cara berfikir anda maka anda akan berubah
• Kegagalan dan keberhasilan bukanlah takdir tapi sebuah pilihan

Pertama-tama TA ini saya persembahkan kepada orang tua saya, yang telah membantu saya dalam mengerjakan TA ini, kedua saya mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing diploma 1 komputer karena berkat beliau saya bisa mengerjakan TA ini, kemudian saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam terselesaiannya tugas akhir ini khususnya :
1. Anggota Pramuka
2. Ibu Sujailani selaku wali kelas XII IPS II
3. Dan teman-temanku yang telah berpartisipasi membantu saya mengerjakan TA ini, karena berkat dukungan ayah, ibu dan pembimbing serta teman-temanku semoga mendapatkan yang setimpal di sisi-Nya.

Tidak ada komentar: